15 Perintah Dasar Windows Server Mode Core



Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 15 perintah dasar pada sconfig di Windows Server 2012.

Di setiap perintah dasar memiliki fungsi masing masing, Misalnya untuk mengubah IP address.


  • Pertama ketikan sconfig.

  • Kemudian kita join Domain Atau workgroup.

  • Kemudian Ketik D untuk join Domain.



  • Lalu tulis nama domain.

  • Masukan password domain user.


  • Dalam hal ini saya Belum membuat domain/tidak ada domain sehingga muncul error seperti di bawah ini.


  • Kita akan merubah nama Komputer. Pilih Option ke-2



  • Masukan nama yang ingin kalian buat.

  • Nanti Restart now agar nama bisa berubah, Klik YES.

  • Setelah di restart Nama akan berubah.

  • Sekarang kita pilih option ke-3 Untuk menambah local admin.

  • Masukan ID si Admin.


  • Masukan Password. Buat Password yang sulit.

  • Jika sudah berhasil akan ada Pesan seperti ini.

  • Nah kita masuk ke option-4, Konfigurasi remote manager.

  • Nah kemudian masukan option ke-2 di mana saya menDisable Remote management.


  • Setelah sukses Kita Klik Ok.


  • Kemudian kita pilih option ke-4 dimana kita kembali ke menu awal.


  • Sudah saya disabled.


  • Masuk ke Option ke 5.



  • Nah Sekarang Kita ubah Update setting nya.

  • Jika Auto, makan pengecekan update akan di cek setiap jam 3 pagi.

  • jika sudah maka akan berubah.

  • Sekarang kita ke Option ke-6, Di option ini kita akan mendownload atau menginstall update.



  • kita pilih yang di rekomendasi kan dari sistem.

  • Nanti akan ada Pencarian untuk updayes rekomendasi, Di sini tidak ada yang harus di update, jadi langsung tekan enter saja.

  • Kemudian kita masuk ke option ke-7. Remote desktop. Saya akan enable.


  • Kemudian Ketik E, Kita enable kan.


  • Kemudian Pilih Option ke 1.

  • Setelah sudah klik oke.


  • Lanjut ke Option ke-8. Option ini di gunakan untuk merubah ip address pada komputer.


  • Pilih index 10.


  • Pilih option 1.


  • Ketik S untuk Setting ip manual dan D untuk Auto.


  • Setting IP address kalian.



  • Set DNS server. Saya menggunakan IP Google.



  • Sudah sukses kemudian Klik OK.

  • Setelah sudah setting IP. Pilih option 4 untuk kembali ke menu awal.


  • Di option ke-9 Kita bisa mengubah Date And Time.


  • Klik Change Date and time.


  • Jika ingin mengubah waktu dan tanggal kalian ubah saja.

  • Jika kalian Ingin mengubah Time zone,Kalian pilih Time and zone di tempat kalian berada.

  • Kemudian Kita Masuk ke option 10. Dimana kita bisa membantu mengembangkan Produk.


  • Di sini saya pilih NO.


  • Saya tidak berpatisipasi maaf.

  • Lalu masuk ke Option 11.



  • Ada 4 pilihan. Saya pilih 1 untuk melihat info lisensi..


  • Nah ini adalah lisensi Info yang di tampilkan.


  • Ketik 4 untuk masuk ke menu utama.


  • Sekarang masuk ke option 12 untuk Log off user.


  • Klik Yes jika ingin log off, Saya pilih No karena tidak ingin Log off.


  • Di option ke 13 ini berfungsi untuk mer Restart Server.


  • Klik YES jika ingin Restart. Saya pilih No Karena tidak ingin Merestart Server.


  • Di option 14 Adalah Perintah Untuk shutdown.


  • Klik Yes jika ingin shutdown. Ssya pilih No Karena saya tidak ingin Shutdown Server.


  • Option ke-15 Berfungsi untuk keluar dari server Konfigurasi


  • Nah ini sudah keluar dari Sconfig.



Sekian dari saya Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di Postingan Selanjutnya..

0 Response to "15 Perintah Dasar Windows Server Mode Core"

Posting Komentar