Apa sih Profesional dalam mengukur sebuah profesionalisme? dan Etika atau pelanggaran berinternet?

 


So guys, di postingan kali ini kita akan membahas 2 materi.

  1. Profesional dalam mengukur sebuah profesionalisme
  2. Etiket atau pelanggaran berinternet

Langsung aja kita bahas dari point nomer 1.

  Pertama, Kita harus paham dulu apa arti Profesional dan Profesionalisme. Profesional adalah Pekerja yang menjalankan profesi dan Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik, Benar dan juga komitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan dari seorang karyawan.

Jadi sebenarnya apa si maksud dari Profesional dalam mengukur sebuah profesionalisme?

    Proses professional adalah suatu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Proses Profesional adalah proses atau perjalanan waktu yang membuat seseorang atau kelompok orang menjadi profesional. Misalnya seorang guru, mereka dituntut memvalidasi ilmunya, baik melalui belajar sendiri maupun melalui program pembinaan dan pengembangan yang dilembagakan oleh pemerintah atau masyarakat. Pembinaan merupakan upaya peningkatan profesionalisme guru yang dapat dilakukan melalui kegiatan seminar, pelatihan, dan pendidikan. Pembinaan guru dilakukan dana kerangka pembinaan profesi dan karier. Pembinaan profesi guru meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Pembinaan karier sebagaimana dimaksud pada meliputi meliputi penugasan, kenaikan pangkat, dan promosi.

Terus, point ke 2 maksud nya apa ya? 

 


Sekarang kita bahas point ke 2!

  • Etiket/Etika, Etiket/Etika adalah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral (wikipedia).
  • Pelanggaran berinternet, Suatu hal atau kejadian yang dilakukan individu atau kelompok bertujuan untuk merugikan suatu pihak ataupun perorangan dalam internet.

Apa aja si contohnya?

Kita bisa ambil dalam keseharian kita ketika menggunakan internet, Misal Email dan Internet Chatting.

 




Ketika menggunakan Email, kita harus berhati hati. karena bisa merugikan jika kita tidak mengetahui bahaya apa saja yang dapat kita temukan. Contoh :

  • Email Spam

Spamming adalah pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda atau sama.

  • Email Bomb

Email bomb ini dilakukan dengan cara mengirimkan suatu email secara serempak dan dalam jumlah dan isi yang sama.

  • Email Hijacking

Email Hijacking adalah peretasan email secara tidak sah dan berbahaya.

  • Penyebaran Virus Melalui Attach Files

Hal ini bisa terjadi apabila kita tidak mengetahui betul sebuah attach file yang di kirim dari orang yang tidak dikenal.

  • Fake Sender

Biasanya mengatasnamakan sender atau receiver untuk mendapatkan informasi pribadi dari sender dan receiver.


Kemudian bagaimana dengan Internet Chatting? Kita ambil beberapa contoh sebagai berikut.

  • Mengeluarkan Pernyataan yang Berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan antar golongan)

Mengeluarkan sebuah statement yang sensitive dan membuat orang lain yang memiliki latar belakang SARA yang berbeda menuai protes karena terdapat unsur  pelecehan nama baik.

  • Penulisan Kalimat Menggunakan Huruf Kapital

Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati sipenulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak.

  • Merusak Nama Baik

Seperti halnya menggunakan kata-kata yang tidak senonoh (tidak sopan) serta mengancam, melecehkan atau menghina orang lain.

  • Menyarankan Tindakan Melanggar Hukum

Seperti berdiskusi yang mengarahkan pada tindakan melanggar hukum. Misalnya korupsi, untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

  • Menyebarkan Hal-hal yang Berbau Kekerasan

Seperti memberikan informasi yang bersifat kekerasan yang takutnya malah menjadi contoh bagi orang lain untuk melakukanya juga.

Jadi seperti itu guys maksud dari Profesional dalam mengukur sebuah profesionalisme dan Etika atau pelanggaran berinternet.


Sampai jumpa di postingan berikutnyaa:)

0 Response to "Apa sih Profesional dalam mengukur sebuah profesionalisme? dan Etika atau pelanggaran berinternet?"

Posting Komentar