Kinerja I/O


Oke kali ini saya akan membahas Kinerja I/O
1. Bus-Bus Masukan
Unit input adalah (masukan) unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse (Wikipedia). Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.

2. Bus-Bus Keluaran
Sementara unit output (keluaran) biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer(Wikipedia). Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

3. Spesifikasi Dan Karakteristik Tiap BUS
Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok yaitu :
l Saluran Data
Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiridari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diaktifkan dengan lebar bus data.
l Saluran Alamat
Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem.
l Saluran Kontrol
Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses kesaluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya.

Karakteristik BUS

 
  
4. Persyaratan Penggunaan Bus
l Sifat penting dan merupakan syarat utama bus adalah media transmisi yang dapat digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung padanya. Meskipun digunakan secara bersama namun penggunaan jalur hanya diperuntukan oleh satu perangkat pada sekali waktu. Sehingga diperlukan aturan dalam kerjanya untuk menghindari terjadinya tabrakan data yang sedang ditransmisikan.

l Harus Memenuhi Syarat Sistem Komputer Minimal.



ULANGAN HARIAN

1. Jelaskan yang dimaksud dengan protocol jaringan pada komputer terapan!
2. Jelaskan Protocol RS-232 dan RS-485!
3. Jelaskan Yang dimaksud dengan USB dan Sebutkan 3 jenis Proses transaksi pada USB!
4. Sebutkan dan Jelaskan secara singkat  jenis BUS!
5. Sebutkan 2 Syarat dan ketentuan Pada BUS!

JAWAB

1. Protocol Jaringan adalah suatu aturan yang telah di sesuaikan untuk bisa mengatur Sebuah komunikasi Online yang teridi dari beberapa Komputer yang terdapat pada Suatu Jaringan.

2. - RS-232 = Protocol yang digunakan PC untuk melakukan Komunikasi dengan Perangkat lain secara Serial.
    - RS-485 = Protocol yang digunakan PC untuk melakukan Komunikasi dengan Perangkat lain secara Universal.

3. USB (Universal Serial Bus) Adalah Teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan Komputer denga Alat Eksternal (Peripheral)
       Proses Transaksi USB:
       1. Paket Token (Header Penjelas data)
       2. Pilihan Paket Data (TIngkatan muatan)
       3. Status Paket (Untuk pemberitahuan hasil Transaksi dan untuk Koreksi kesalahan)

4. - BUS Prosesor = Bus inti dalam Chipset MotherBoard dan merupakan BUS tercepat.
    - BUS AGP (Accelerated Graphic Port) = Bus yang di desain untuk kartu Grafis.
    - BUS PCI (Peripheral COmponent Interconnect) =  Bus ini tidak tergantung Prosessor dan Berfungsi sebagai Peripheral

5. - Syarat Utama BUS adalah dari media transmisi yang dapat digunakan bersama dengan jumblah perangkat terhubung.
    - Harus memenuhi Syarat Sistem Komputer Minimal.

0 Response to "Kinerja I/O"

Posting Komentar